Minggu, 29 Oktober 2017

Koneksi Visual Basic 6 ke MySQL

Salah satu kelebihan Visual Basic 6 menurutku adalah fleksibilitasnya dalam hal koneksi database. Visual Basic 6 memang tidak memiliki database bawaan, berbeda dengan aplikasi-aplikasi RAD pada jamannya seperti foxpro atau delphi 7. Foxpro memiliki database bawaan dan Delphi, meskipun dia bisa memakai database lain, namun dia juga memiliki database bawaaan. Dan pada akhirnya perkembangan database yang semakin pesat membuat bahasa pemrograman harus bisa terhubung dengan berbagai macam database, sehingga developer bisa memilih database yang dia sukai. Pada contoh kali ini kita akan mencoba.. ehmm sebenarnya bukan mencoba, karena kita akan mengkoneksikan visual basic 6 dengan MySQL beneran. Untuk mempermudah koneksi antara visual basic 6 dengan database MySQL, kita download terlebih dahulu driver/connectornya di: 



Cara Install MySQL ODBC Connector bisa dibaca di artikel dibawah ini:
cara install mysql odbc di windows


Step by Step koneksi vb6 ke MySQL: 

Sebelum memulai ritual koding, kamu harus membuat database di MySQL. sebagai contoh, sebut saja dia "toko". <-- Buat database dengan nama "toko"
 
1. Buka Visual Basic 6.
2. Buat tombol di Form1, beri nama "cmdKoneksi", beri caption "Hubungi Server"

3. Masukkan kode berikut di form1



DOWNLOAD SOURCE CODE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Visual Basic 6 ke MySQL

Salah satu kelebihan Visual Basic 6 menurutku adalah fleksibilitasnya dalam hal koneksi database. Visual Basic 6 memang tidak memiliki data...